Kategori
Teknologi

Bahaya Tidur Di Sebelah HP Yang Menyala

Boatrentalshavasu – Pastinya banyak dari teman – teman semua yang masih suka menyimpan HP di bawah bantal ketika tidur. Tapi, tahukah teman – teman konsekuensi dari tidur di samping HP teman – teman? Setiap ponsel memiliki tingkat radiasi tinggi yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Itulah mengapa mereka tidak sepenuhnya memahami bahayanya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), radiasi ponsel dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan kanker. Tapi selain itu, masih ada dampak buruk lainnya yang bisa dihasilkan dari tidur dengan HP di bawah bantal yang menyala.

1. Dapat Menyebabkan Tumor Ganas

Tahukah teman – teman bahwa membawa ponsel ke mana-mana saja itu sudah berbahaya, apalagi jika kita meletakkannya di bawah bantal. Sebuah penelitian dari Israel menemukan bahwa radiasi ponsel dapat meningkatkan risiko munculnya tumor parotis di wajah. Posisi otak di atas bantal menerima radiasi elektromagnetik dari ponsel. Tumor ini sangat jarang dan biasanya muncul pada orang yang berusia di atas 50 tahun. Namun, Sejak 2001, kasus tumor parotis telah dilaporkan terjadi pada orang di bawah usia 20 tahun.

2. Paparan Radiasinya yang Dapat Mempengaruhi Otak serta Ketahanan Tubuh

Dampak bahaya selanjutnya yang bisa disebabkan karena tidur dengan HP menyala yaitu merusak otak serta ketahanan tubuh teman – teman. Devra Davis, seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, mengatakan bahwa paparan radiasi dari ponsel dapat merusak sel-sel otak. Sel otak yang rusak dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Ingat, otak adalah pusatnya.

3. Dapat Meningkatkan Peluang Terkena Alzheimer

Mungkin dari teman – teman masih ada yang belum mengetahui apa itu Alzheimer. Alzheimer ditandai dengan daya ingat yang buruk. Secara umum penyakit ini menyerang orang lanjut usia. Namun waspadai kebiasaan itu, yang kerap dibarengi dengan ponsel. Radiasi seluler mempercepat perkembangan penyakit Alzheimer.

4. Dapat Meningkatkan Risiko Keguguran pada Ibu Hamil

Mungkin “Apa hubungannya ini dengan aborsi?” teman – teman mungkin bertanya. Namun, jurnal Epidemiology menyebutkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki sel yang dikelilingi oleh medan elektromagnetik. Otak, dengan medan magnetnya sendiri, memainkan peran kunci dalam proses pembelahan sel dan diferensiasi pada janin. Jadi bagi kalian yang sedang hamil, cobalah untuk tidak tidur dengan HP yang menyala.

5. Dapat Menurunkan Tingkat Kesuburan Sperma

Jika tadi sudah membahas yang menyangkut risiko pada wanita, tidur di samping ponsel sebenarnya dapat memengaruhi produksi sperma. Efeknya, tentu saja, pada sistem reproduksi pria. Paparan radiasi elektromagnetik seluler mengganggu produksi hormon reproduksi dan dapat meningkatkan produksi testosteron.

6. Dapat Meningkatkan Peluang Terkena Penyakit Jantung

Tidur di samping ponsel memang sangatlah nyaman. Tapi dapat meningkatkan resiko kehilangan nyawa. Radiasi ponsel dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, terkejut saat ponsel berdering di tengah malam juga meningkatkan risiko gangguan jantung.

7. Ponsel Dapat Meledak

Hal terakhir yang mungkin sangat berbahaya bagi teman – teman yang masih sering tidur dengan HP menyala, kemungkinan adalah HP tersebut akan meledak. Menempatkan ponsel teman – teman di samping teman – teman mungkin berbahaya. Ponsel bisa meledak jika daya terisi penuh. Ponsel menjadi hangat saat teman – teman lupa mencabutnya. Jika ada korsleting yang bisa meledak, terbakar, bahkan menimbulkan kebakaran, skenario terburuknya.

Nah teman – teman itulah tadi beberapa dampak buruk yang bisa dihasilkan dari mereka yang suka tidur dengan HP menyala. Jadi bagaimana? Apa teman – teman masih tetap akan tidur dengan HP menyala?

Referensi: https://smartphoneku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *