Cara Membuka File ISO

Boatrentalshavasu –┬áKamu pasti pernah melihat piringan silver yang disebut CD atau DVD, terkadang saat menyimpan dokumen disana ada folder yang tidak bisa dibuka karena menggunakan format ISO. Bagi yang awam tentang cara membuka file ISO tentu akan dibuat bingung, karena butuh cara khusus. Kamu mau tahu rahasianya?

File ISO merupakan jenis ekstensi file penyimpanan gambar, MP3, atau video yang biasanya ada pada CD atau DVD. Terkadang juga digunakan untuk menyimpan games untuk diinstal pada perangkat tertentu, atau software dengan kapasitas besar. Jika perangkat komputer sudah familiar dengan file ini maka secara otomatis bisa dibuka, saat DVD dioperasikan pada perangkat tersebut.

Cara Membuka File ISO Dengan Sistem Burning

Cara ini tergolong mudah, tapi kamu harus punya DVD sebagai tempat memindahkan file ISO tersebut. Lalu pastikan komputer bisa membaca DVD dengan baik, bagaimana cara membuka file ISO di PC ini?

  1. Buka folder yang didalamnya terdapat file ISO, biasanya memiliki format Disk Image File pada bagian kanan keterangan folder.
  2. Burning folder tersebut dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada pada perangkat komputer atau laptop. Bisa menggunakan nero atau sejenisnya yang tersedia pada perangkat, bila belum ada maka kamu bisa install aplikasi burning terlebih dahulu.
  3. Pindahkan pada CD atau DVD yang sudah kamu sediakan sebelumnya, biasanya dibutuhkan waktu lima menit atau lebih tergantung besarnya file ISO tersebut.
  4. File ISO sudah bisa digunakan dengan membuka kembali CD atau DVD pada perangkatmu atau perangkat lainnya.

Cara Membuka File ISO Dengan Aplikasi Tambahan

Jika masih kurang yakin dengan cara membuka file ISO di PC seperti diatas, maka kamu bisa pakai aplikasi 7-Zip yang bisa diunduh melalui platform berbasis PC atau laptop. Bagaimana cara membuka file ISO tanpa burning ini?

  1. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi 7-zip pada perangkat komputer dan pastikan aplikasi tersebut bisa dijalankan.
  2. Buka folder yang menyimpan file ISO
  3. Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih aplikasi 7-zip yang sudah tersedia pada daftar menu folder tersebut.
  4. Pilih extract file sehingga aplikasi 7-zip bisa melakukan ekstrak otomatis dari file tersebut
  5. Setelah extract selesai, kamu akan diminta untuk menyimpan file tersebut dan pilihlah lokasi penyimpanan.
  6. Cek lokasi penyimpanan file ISO tersebut, lalu bukalah file dan semua masalah terkait file ISO bisa dituntaskan.

Cara Membuka File ISO Dengan WinRAR

Hampir sama dengan cara membuka file ISO tanpa burning di atas. Kamu bisa menggunakan fitur extract untuk membukanya dengan cara membuka file ISO tanpa DVD dan hanya mengandalkan fitur bawaan perangkat. Biasanya WinRAR sudah terinstall langsung, saat Agen Bola Terpercaya baru memiliki laptop.

  • Bukalah folder yang menyimpan file ISO, pastikan tipe file nya adalah disc image file dan penting untuk dilihat segera.
  • Klik kanan pada tampilan layar
  • Pilih menu open with WinRAR
  • Lanjutkan dengan memilih menu option pada toolbar kamu, dan ambil pilihan settings
  • Akan muncul box berisi beberapa folder yang biasa digunakan untuk kerja seharian.
  • Pilih integration, kemudian pastikan pilihan ISO sudah dicentang.
  • Extract file ISO pakai winRAR
  • Pilih folder penyimpanan, klik extract untuk memindahkan file ISO pada folder tersebut
  • File sudah bisa dibuka

Itulah cara membuka file ISO yang bisa kamu coba, sangat mudah dan cepat sehingga file yang kamu butuhkan bisa segera digunakan. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah, walaupun sebenarnya masing-masing cara tetap akan membuka file ISO.