Kategori
Umum

4 Contoh Demokrasi Di Indonesia Lengkap

Contoh demokrasi – Kata “demokrasi” sudah ada pada zaman Yunani kuno. Dalam filsafat yunani kuno dan mazhab politiknya terdapat kata “demokrasi” pertama. Warga Athena mendirikan negara demokrasi pertama pada tahun 508-507 SM, dan Cleisthenes sebagai pemimpinnya. Arti dari demokrasi sendiri ada beberapa pendapat dari tokoh tokoh terkenal.

Menurut Abraham Lincoln demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang kekusaan tertinggi berada di tangan rakyat, kebijakan diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Bagi kamu yang masih meraba raba tentang bagaimana demokrasi akan kami berikan contoh demokrasi dalam artikel ini, agar lebih paham dan mengerti.

Demokrasi Dalam Lingkungan Keluarga

Demokrasi kecil mulai dari keluarga. Pendidikan pertama hingga semua hal yang kita kenal berawal dari keluarga, termasuk demokrasi. Demokrasi sederhana bisa kita dapatkan dalam lingkungan keluarga, misal :

  • Kebebasan berpendapat untuk semua anggota keluarga
  • Saling mnghormati satu sama lain
  • Memiliki tugas sesuai peranan masing masing
  • Adil tanpa adanya pilih kasih

Demokrasi dalam sekolah

Lingkungan sekolah merupakan tempat kedua setelah keluarga yang terdapat sistem demokrasi didalamnya. Di sekolah, individu dapat bersosialisasi dengan banyak orang, dalam lingkungan formal seperti sekolah, individu akan belajar tentang demokrasi secara meluas. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

  • Pemilihan ketua kelas dan struktur organisasi kelas setelahnya
  • Pemilihan ketua osis dan struktur organisasi siswa setelahnya
  • Pemilihan petugas upacara untuk setiap senin pagi dan acara tertentu
  • Berpartisipasi dalam organisasi atau ekstrakulikuler dalam sekolah
  • Menaati peraturan sekolah
  • Menghargai buah pikir atau pendapat seseorang

Demokrasi Di Lingkungan Tempat Tinggal

Semakin bertambah usia seseorang, semakin luas juga interaksi dia dengan masyarakat luar. Seperti contoh saat kamu sudah beranjak dewasa dan memiliki tempat tinggal sendiri dan hal tsb pasti memiliki ketrkaitan dalam hal demokrasi. Berikut contohnya:

  • Mengikuti kerja bakti yang telah diselenggarakan
  • Memberikan saran serta usulan dalam kelangsungan lingkungan dalam tempat tinggal.
  • Berpartisipasi dalam pemilihan ppengurus organisasi masyarakat, baik secara pasif dan aktif.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan RT, RW, dan desa atau kelurahan. Misalnya kegiatan perlombaan saat hari kemerdekaan.

Contoh Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung adalah demokrasi di mana seluruh rakyat memberi suara dan pendapat dalam menentukan suatu kesimpulan. Apa saja ya contohnya? Berikut beberapa contoh demokrasi langsung.

Unjuk rasa atau Demonstrasi

Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat maka demonstrasi menjadi bagian dalam demokrasi untuk menyuarakan pendapat. Biasanya unjuk rasa dilakukan secara beramai ramai dan turun langsung ke jalan atau ke tempat yang dituju.

Yang perlu diperhatikan adalah unjuk rasa juga memiliki peraturannya tersendiri agar penyampaian pendapat bisa terlaksana dengan lancar dan damai.

Petisi

Mirip dengan demonstrasi aksi mengumpulkan petisi dari masyarakat luas merupakan salah satu unjuk rasa terhadap maslah yang tak kunjung usai. Suatu kelompok atau individu tertentu mengumpulkan tanda tangan sebagai setujunya ia dalam unjuk rasa tsb.

Di era sekarang mengumpulkan tanda tangan bisa secara online agar mempermudah mengumpulkan suara.

Pemilihan Umum

Pemilihan umum atau yang biasa kita dengar pemilu merupakan salah satu contoh yang biasa kita temukan. Mulai dari pemilu pemimpin daerah, gubernur, bupati higga presiden. Disebut demokrasi, karena dalam hal ini setiap warga negara memiliki hak untuk memilih pemimpin sesuai kemauannya.

Sebegitu pentingnya pemilu yang diselenggarakan oleh pemertintah, hingga dijadikan hari lbur nasional. Terutama pemilihan umum untuk presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *