Kategori
Umum

Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia – Sebagai warga negara pasti tak asing dengan kalimat hak dan kewajiban, tapi apa itu hak dan kewajiban?

Hak merupakan kuasa untuk melakukan atau menerima suatu yang mestinya kamu terima dan hal yang selalu kita lakukan. Hal itu merupakan milik pribadi dan tak ada satu orang pun yang dapat merampasnya dari kita.

Kewajiban adalah suatu hal yang wajib kita lakukan dengan rasa penuh tanggung jawab untuk mendapatkan wewenang dan hak.

Sebagai warga negara yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi sudah sepatutnya memenuhi hak dan kewajiban sesuai kemampuan masing-masing. Hak dan kewajiban merupakan satu yang berarti tak dapat dipisahkan. Pengaplikasian yang harus seimbang merupakan hal penting. Maka dari itu saat ini Poker Online telah merangkum beberapa hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Contoh Hak sebagai warga negara Indonesia

1. Berhak menerima pendidikan

Sesuai UUD 1945 pasal 31 ayat 1 dan ayat 2 dikatakan setiap warga negara Indonesia pantas mendapatkan pendidikan terutama pendidikan sekolah dasar. Hal ini merupakan hak yang dimiliki setiap warga negara untuk mendapatkan pengajaran yang baik dan layak dengan tujuan mencerdaskann kehidupan bangsa.

2. Berhak memiliki posisi yang sama di mata hukum

Kita memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara untuk memiliki posisi yang sama dengan siapapun di mata hukum. Tak peduli dengan jabatan, ras, dan dari mana kita berasal. Sesuai UUD 1945 pasal 28D ayat 1 dikatakan bahwa semua warga negara Indonesa berhak menerima perlakuann adil serta kepastian hukum, perlindungan, jaminan dan memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.

3. Berhak mendapat penghidupan yang layak

Seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 27 ayat 2. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan penghidupan dan kehidupan secara layak di Indonesia, selain itu setiap individu bebas untuk melakukan usaha agar terwujudnya tujuan tsb. Hal ini berarti, sebagai warga negara Indonesia kita pantas untuk mendapatkan suatu hal yang layak untuk kehidupan, juga memiliki keebasan dalam mengusahakan hal tsb.

Contoh kewajiban sebagai warga negara Indonesia

1. Kewajiban untuk membela tanah air

Mengupayakan keutuhan NKRI merupakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Tak hanya itu mencintai negara Indonesia juga merupakan salah satu kewajiban, dengan cara membeli produk dalam negeri dan menjaga nama baik Indonesia. Seperti yang telah tercantum dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 yang berbunyi. Setiap warga negara wajib membela negaranya, wajib mencintai dan membela negara jika ada sesuatu kejanggalan pada kestabilan dan mengganggu Indonesia.

2. Kewajiban meaati peraturan

Sesuai UUD 1945 pasal 27 ayat 1 dikatakan, warga negara wajib menaati hukum, taat pada peraturan yang telah dicantumkan juga taat pada hukum yang ada di Indonesia. Peraturan merupakan hal yang wajib di taati. Sehingga tercapai ketentraman lahir dan batin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3. Kewajiban menghargai orang lain

Menghargai orang lain merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebagai warga negara yang baik. Hal ini tercantum dalam UUD 1945 pasal 28J ayat 1 yang berbunyi, seluruh warga negara berkewajiban untuk menghormati hak asasi orang lain.

Baiklah, cukup sekian penjelasan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang harus diperhatikan bagi setiap individu yang mendiami sebuah negara. Setiap contoh memiliki asas yang menjadi penguat sebuah pendapat, seperti UUD 1945. Jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *