Kategori
Kebun

Lengkapi Gizi Keluarga Dengan Sayuran Hidroponik

Boat Rental Shavasu – Sayuran segar tentu bisa memberikan banyak manfaat untuk keluarga. Sayur sebagai sumber serat mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Sayuran kadang menjadi jenis bahan makanan yang tidak disukai sebagian orang, terutama anak – anak. Tetapi jika anak dilibatkan untuk menanam sayur, lalu melihat proses tumbuh kembang tanaman ini, tentu anak akan mau mencicipi hasil tanamnya.

Anda bisa mengajak anak untuk menanam sayuran secara hidrofonik. Media tanam yang tidak membutuhkan lahan yang besar dan mudah dilakukan dirumah. Hasilnya pun tidak kalah baiknya dengan sayuran yang ditanam secara biasa.

Cara menanam seperti ini mulai banyak diminati. Teknik menanam yang tidak terlalu rumit, serta biaya yang tidak terlalu besar, membuat tanaman Sayuran Hidrofonik banyak diminati. Tentu sangat membantu perekonomian keluarga.

Sebelum mulai menanam ada beberapa hal yang perlu anda siapkan menurut sudutkebun.com, seperti:

  1. Botol plastik bekas minuman kemasan
  2. Kain yang akan digunakan sebagai sumbu. Jika bisa pilihlah kain dengan bahan flanel
  3. Nutrisi tanaman hidrofonik yang banyak dijual pada penjual pupuk
  4. Media tanam yang berupa arang sekam padi, batu kerikil, batu bata dan pasir malang.

Semua bahan ini akan diolah menjadi media tanam sayuran hidrofonik anda. Jangan lupa untuk menyiapkan bibit sayuran yang akan ditanam. Jenis bibit sayuran yang sering di gunakan yaitu cabe, tomat, selada, kangkung dan bayam.

Setelah semua bahan siap kini anda dapat mulai membuat media tanam hidrofonik. Pertama potong botol plastik bekas minuman pada bagian tengah, menjadi dua bagian. Botol yang berleher akan menjadi sisi bagian atas dan botol yang beralas akan menjadi sisi bagian bawah.

Pada botol bagian atas bolingi sekeliling leher botol, ini akan berguna sebagai aliran udara pada tanaman nantinya. Atur kain yang digunakan sebagai sumbu, dari leher botol hingga keluar melalui mulut botol. Pastikan panjang sumbu cukup untuk menyentuh permukaan air.

Kemudian letakkan botol sisi bawah pada bagian luar, lalu letakkan sisi bagian atas didalamnya. Bagian sumbu terletak di bawah. Selanjutnya masukkan media tanam kedalam botol bagian atas. Media bisa berupa pecahan batu bata, sekam bakar, rockwell maupun spon. Pilihlah sesuai keinginan anda. Taburkan bibit sayuran hidrofonik, masing-masing media tanam diisi dua hingga tiga bibit sayuran.

Botol pada sisi bagian bawah diisi dengan larutan nutrisi hidroponik yang sudah anda siapkan. Isilah sampai merendam bagian sumbu tadi. Ini akan menjadi sumber makanan bagi tanaman sayuran anda. Setelah selesai kini anda hanya perlu meletakkan ditempat yang terkena cahaya matahari langsung, tetapi tidak terkena hujan. Proses penanaman sayur telah selesai.

Kini anda hanya menunggu sayuran tumbuh dan membesar. Rawat tanaman anda, jangan sampai air nutrisi kering. Jika sudah terlihat sedikit tambahan kembali. Bertambah besar taman akan membutuhkan nutrisi yang lebih pula. Oleh sebab itu sebaiknya konsentrasi larutan nutrisi lebih ditingkatkan pada usia tanaman yang bertambah.

Mudah bukan cara menanam sayuran hidrofonik. Anda harus mencobanya dirumah. Untuk menjamin kecukupan nutrisi untuk seluruh anggota keluarga. Bisa juga menjadi sarana rekreasi, penghilang stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *