Kategori
Umum

Manfaat Bersepeda Secara Rutin Bagi Wanita

Boatrentalshavasu –¬†Manfaat bersepeda bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Meski tergolong olahraga sederhana, namun manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan oleh banyak orang. Khusus bagi kaum wanita, bersepeda bisa memberikan banyak manfaat dan dampak positif.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, bersepeda juga bisa memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk kesehatan mental. Selain itu, olahraga ini juga bisa melatih tubuh untuk tetap beraktivitas. Yuk, cari tahu berbagai manfaat bersepeda bagi wanita di artikel ini.

Setelah mengetahui apa saja yang harus diwaspadai saat mengendarai sepeda, maka perlu juga diketahui manfaat yang bisa didapat dari olahraga tersebut. Khusus untuk wanita, berikut ini berbagai manfaat bersepeda yang bisa Anda dapatkan dirangkum dari Garuda Print – pembuatan jersey sepeda

1. Mengurangi nyeri saat haid

Bersepeda dikenal sebagai olahraga yang dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh bahkan saat Anda mengalami nyeri haid. Padahal, olahraga ini dianggap olahraga yang baik saat haid. Dengan bersepeda, peredaran darah dalam tubuh akan lebih lancar dan oksigen dapat didistribusikan ke seluruh otot di tubuh. Hasilnya, risiko mengalami masalah nyeri haid pun bisa berkurang.

2. Melatih otot kaki

Rutinitas bersepeda membantu membangun otot di kaki, terutama otot bokong, paha belakang, paha depan, dan betis. Jika otot Anda berkembang dengan baik, akan lebih mudah bagi Anda untuk membakar kalori bahkan saat duduk. Tentu saja, otot kaki Anda tidak akan terlihat seperti olahragawan, tetapi kaki Anda akan terlihat lebih kencang dan ramping. Memiliki kaki yang panjang dan indah pasti dambaan setiap wanita, bukan?

3. Membakar kalori

Bagi wanita, memiliki berat badan ideal jelas diminati. Tidak jarang banyak wanita rela mengikuti berbagai jenis diet dan olahraga untuk mengurangi kalori tubuh. Dalam hal ini, bersepeda mungkin merupakan pilihan olahraga yang cocok. Anda bisa membakar 400 hingga 1000 kalori hanya dengan mengayuh selama 1 jam, tergantung dari intensitas dan beban pedal yang dipasang. Semakin lama durasi bersepeda dan semakin berat mengayuh, otomatis semakin banyak kalori yang akan Anda bakar. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan sepeda untuk transportasi sehari-hari.

4. Mencegah pembentukan sel kanker

Bersepeda secara teratur dapat mencegah pembentukan sel kanker payudara, menurut penelitian dari University of Glasgow. Menurut penelitian ini, mereka yang bersepeda secara teratur setidaknya selama 5 tahun jarang berisiko terkena kanker atau serangan jantung. Padahal, seperti kita ketahui bersama, kanker payudara terus menjadi salah satu momok yang sering menghantui wanita saat ini.

5. Pertahankan kekuatan sendi

Menurut Everyday Health, wanita tiga kali lebih rentan terkena radang sendi dibandingkan pria. Hal ini disebabkan oleh empat faktor yaitu faktor genetik, obesitas, biologi, dan hormon. Biasanya gangguan sendi mudah menyerang orang yang gemuk. Namun, jika Anda bersepeda secara teratur, masalah obesitas dan persendian akan mudah dihindari.

6. Tidur lebih nyenyak

Insomnia dapat menyerang siapa saja di segala usia, terutama orang dewasa. Namun, Anda bisa mengatasi masalah insomnia dengan bersepeda secara rutin. Salah satu manfaat olahraga ini, khususnya bagi wanita penderita insomnia, adalah dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Pasalnya, kondisi tubuh yang segar dan bugar setelah bersepeda akan membuat tubuh lebih rileks saat istirahat.

7. Menjaga kesehatan mental

Kondisi hormonal yang fluktuatif ini membuat wanita rentan terhadap stres, depresi, kecemasan, dan gangguan jiwa lainnya. Namun, jika rajin berolahraga, kesehatan mental bisa terjaga karena aliran darah ke otak lebih lancar dibandingkan orang malas. Olahraga yang cocok untuk menjaga kesehatan mental adalah bersepeda. Karena olahraga ini memadukan aktivitas fisik dan eksplorasi luar ruangan yang dapat membantu merilekskan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *