Kategori
Otomotif

Syarat Pembayaran Pajak STNK Jakarta

Boatrentalshavasu –┬áBagi pemilik kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor memiliki beberapa kewajiban, salah satunya membayar pajak.

Namun, banyak dari mereka yang memiliki kendaraan roda empat atau dua masih menggunakan pelari dan tidak melakukannya sendiri.

Pasalnya, dengan menggunakan layanan administrasi perpajakan ini pemilik tidak perlu khawatir membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan atau lima tahun. Padahal, jika ingin mengurusnya sendiri kondisinya cukup mudah.

Saat memulai pengunduhan akun Instagram @humaspajakjakarta, ketentuan pembayaran PKB adalah sebagai berikut:

Syaratnya adalah sebagai berikut:

1. STNK asli dengan fotocopy
2. BPKB Asli dan Fotocopy
3. Mengoreksi identitas pemilik asli kendaraan ke STNK dengan fotokopi

Jika Anda berwenang untuk itu, Anda dapat melampirkan surat kuasa yang dilengkapi dengan stempel dan kartu identitas penerima surat kuasa dan fotokopi KTP penerima.

Pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor dapat dilakukan di berbagai tempat penjualan, yaitu:

1. Kantor pusat Samsat
2. Tempat penjualan Samsat
3. Mobil Mobile Samsat
4. Aplikasi Samsat Online Nasional (SAMOLNAS)

Sedangkan untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 5 tahun diwajibkan di Kantor Pusat Samsat sesuai dengan domisili objek Pajak Kendaraan Bermotor.

Pandemi Corona Covid-19 masih berlangsung di Indonesia dan belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Dengan cara ini, pemerintah terus memberlakukan pembatasan sosial skala besar (PSBB) dan masyarakat diimbau untuk menghindari kontak fisik langsung guna mencegah penularan virus dari Wuhan, China.

Dengan himbauan tersebut, pemilik yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor tahunan tidak disarankan untuk langsung ke Samsat.

Pasalnya, saat ini layanan Samsat online sudah tersedia melalui aplikasi, berikut cara pembayaran pajak secara online, seperti yang tertera di situs resmi Polri:

Pertama, unduh aplikasi National Samsat Online. Kemudian pilih menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan tekan menu registrasi, selanjutnya akan ada notifikasi, TBPKP (bukti pembayaran kewajiban pembayaran) dan stiker validasi registrasi kendaraan akan dikirim ke alamat yang tertera di perpajang stnk online. Di sini kita diminta untuk membuat keputusan apakah kita setuju atau tidak.

Pada langkah selanjutnya akan muncul form yang harus diisi oleh wajib pajak (orang yang membayar pajak) yaitu nomor polis, NIK, lima digit terakhir nomor frame, nomor telepon dan email.

Jika sudah penuh, tekan tombol Continue. Sistem akan memproses data tersebut selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan benar, maka akan muncul data lengkap tentang kendaraan untuk membayar pajak beserta jumlah pajak yang terutang.

Wajib Pajak hanya perlu menekan tombol terima untuk setuju mendapatkan kode pembayaran yang akan digunakan untuk membayar pajak melalui layanan perbankan elektronik (e-Banking atau ATM).

Setelah mengikuti petunjuk di atas dan membayar, Samsat akan mengirimkan E-TBPKP yang berlaku selama 30 hari sejak hari pembayaran.

Kalaupun pembayarannya online, Wajib Pajak harus datang ke Samsat untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP / SKPD asli berdasarkan E-TBPKP.

Mengenai waktu kunjungan ke Samsat untuk validasi berdasarkan masa berlaku E-TBPKP. Meski berhasil dua kali, setidaknya begini, prosesnya lebih cepat dan kemungkinan kontak dengan orang lain lebih rendah.

Kategori
Otomotif

Mobil Mewah Yang Cocok Untuk Anak Muda

Boatrentalshavasu.com – Di zaman sekarang, kebanyakan kaum milenialis atau anak muda bermimpi memiliki mobil yang mewah yang bisa dijadikan standar gaya hidup. Mewah dalam hal ini dapat dikatakan memiliki gaya anak muda yang sesuai dengan kemajuan zaman. Kebanyakan anak muda memilih mobil dengan beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Bentuknya yang unik. Tidak seperti pada umumnya, anak muda memiliki standar gaya tersendiri dan cenderung menyukai mobil dengan bentuk unik dan sporty.
  • Lincah dan cepat. Salah satu kepuasaan anak muda saat membeli mobil adalah mesin mobilnya yang lincah dan cepat.
  • Warna yang modern serta kekinian. Banyak anak muda memilih warna elegan yang lebih terang sebagai daya tarik tersendiri dari mobil mewah yang dikendarai.
  • Interior mobil yang membuat nyaman. Fitur interior seperti DVD, GPS, televisi, dan fitur hiburan lainnya menjadi salah satu kriteria kemewahan mobil bagi anak muda.

Berikut ini adalah beberapa mobil mewah yang sering dijadikan rekomendasi bagi anak muda:

1. BMW 430i Convertible Sport Black

Jenis mobil yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kualitas dan kemewahannya. BMW seri 430i menawarkan fitur dengan body yang sporty namun tetap elegan. Cocok bagi kamu anak muda yang estetik dan klasik. Mobil ini memiliki karakteristik kap depan yang lebih panjang dengan kecepatan hingga 1.998 cc. Harga yang dibandrol untuk mobil ini adalah sekitar Rp. 1,5 miliar.

2. All New Mazda 2

Untuk kamu anak muda yang stylish dan modern, tentu saja Mazda 2 dapat menjadi salah satu pilihan. Mobil dengan body ramping jenis ini memiliki kelebihan interior yang nyaman dan luas. Jangan khawatir, karena sistem keamanannya pun sangat lengkap dan terjamin. Untuk harga per-unitnya All New Mazda 2 dibandrol Rp. 277 juta.

3. Honda Mobilio RS NT

Dengan harga yang relatif terjangkau yaitu sekitar Rp. 248 juta, Honda Mobilio RS NT memiliki kesan mewah dan sporty bagi anak muda. Dengan interior yang canggih, mobil ini memberikan kenyamanan dalam berkendara jauh (individu maupun berkelompok). New Mobilio RS NT juga dilengkapi fitur Day Time Running Light serta New 15″ Two Tone Alloy Wheel yang membuat tampilan luarnya lebih memukau.

4. Honda Jazz S CVT

Sudah bukan rahasia lagi, Honda Jazz merupakan mobil sejuta umat terutama dikalangan anak muda. Sebagai jenis terbaru, Honda Jazz S CVT tampil dengan performa lebih andal dan gesit. Fitur interior yang ditawarkan pun bukan main-main, yaitu one push ignition system, pengaturan AC otomatis hingga audio touchscreen 8 inci. Dengan berbandrol harga Rp. 258 juta, mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan yang stylish.

Sekarang, sebagai milenialis kamu bisa dengan mudah membeli mobil tanpa harus repot-repot datang ke dealer mobil. Sejak tahun 2018, web based SEVA.id yang merupakan program pelayanan marketplace dari PT. Astra Digital International menawarkan solusi jual beli mobil online. Dan bagi kamu yang memiliki budget terbatas tapi ingin tetap membeli mobil mewah serta stylish, kamu juga bisa menikmati layanan dari Seva mobil bekas. Untuk kualitas, jangan diragukan lagi, karena mobil yang ditawarkan adalah mobil bekas terbaik dan bergaransi. Seva mobil bekas menjadi salah satu alternatif terbaik bagi anak muda yang ingin membeli mobil second tetapi dengan mutu yang berkelas. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena spesifikasi dan standar dari mobilnya sudah di periksa langsung oleh para profesional.