Kategori
Umum

Prospek Kerja Mahasiswa Teknologi Pangan

Boatrentalshavasu –¬†Pernahkah Anda mendengar istilah teknologi pangan? Dan apa yang dimaksud dengan teknologi pangan ini? Teknologi pangan merupakan program studi atau jurusan yang mempelajari berbagai aspek bahan pangan. Seperti sifat fisik atau sifat kimia bahan makanan untuk dipelajari tentang mikrobiologi.

Berbekal ilmu dan keterampilan yang Anda miliki sebagai lulusan teknologi pangan. Perannya akan sangat diperlukan di perusahaan yang berdedikasi pada industri makanan. Dan di sini Academia Indonesia telah merangkum 5 perspektif untuk teknologi pangan, apakah itu?

1. Menjadi wirausaha di bidang penyediaan pangan

Siapapun bisa menjadi wirausahawan, tidak hanya mereka yang kuliah bisnis. Meskipun Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari teknologi pangan di kemudian hari. Tetapi studi tentang teknologi pangan juga akan memungkinkan untuk mempelajari tentang manajemen industri.

Di sini Anda akan belajar tentang produksi, pengemasan, dan distribusi produk. Tentunya melalui materi ini, meskipun Anda lulusan teknologi pangan, Anda juga memiliki pengetahuan tentang mikroekonomi yang dapat menjadi modal inti Anda untuk berwirausaha.

2. Berkarir di pemerintahan? Siapa bilang kamu tidak bisa!

Ada beberapa bidang yang bisa Anda masuki sebagai lulusan teknologi pangan. Mereka umumnya merupakan instansi pemerintah yang mengelola dan menangani masalah yang berkaitan dengan penyediaan pangan nasional. Pertama, Kementerian Pertanian yang kiprahnya sangat erat dengan bahan pangan nasional.

Lembaga pemerintah kedua yang dapat Anda ikuti sebagai lulusan teknologi pangan adalah BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dan yang terakhir adalah LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

3. Bekerja sebagai konsultan makanan dan nutrisi untuk perusahaan

Bidang ini tentunya sangat erat kaitannya dengan jurusan ilmu dan teknologi pangan yang Anda pilih. Sebagai konsultan, tentunya pekerjaan Anda tidak akan jauh dari memberikan nasehat tentang suatu produk makanan.

Pertanyaan yang Anda berikan umumnya terkait dengan kualitas makanan, kandungan nutrisi, dan keamanan saat dikonsumsi. Selain 3 hal tersebut, sebagai konsultan pangan dan gizi Anda juga dapat memberikan saran terkait produksi pangan, pemasaran dan tren pasar.

4. Bekerja sebagai pengembangan produk

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi khusus yang menangani produk. Tidak terkecuali bagi perusahaan yang berdedikasi pada industri makanan. Dengan apa yang Anda miliki selama studi teknik makanan Anda, posisi ini pasti sangat cocok untuk Anda.

Apalagi sebagai pengembangan produk, peran yang Anda mainkan akan sangat penting. Karena selain bertanggung jawab atas kualitas produk yang Anda kembangkan, Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga rahasia resep produk tersebut.

Soal gaji tentunya jangan ditanyakan lagi, sudah lebih dari cukup untuk peran yang anda miliki.

5. Menjadi quality control bagi perusahaan makanan

Posisi kendali mutu adalah posisi yang paling banyak diminta oleh lulusan teknik pangan. Meskipun keduanya terkait dengan makanan, tanggung jawab pengendalian kualitas dan pengembangan produk berbeda.

Jika pengembangan produk cenderung lebih pada menciptakan produk yang bagus. Untuk pengendalian kualitas, Anda akan bertanggung jawab atas produksi dan aspek jaminan kualitas suatu produk yang telah ditentukan oleh pengembangan produk.

Jadi inilah 5 perspektif yang bisa Anda dapatkan setelah lulus dari jurusan ilmu dan teknologi pangan. Selain 5 perspektif tersebut, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan perspektif lain.

Dari 5 perspektif teknologi pangan tersebut, Anda juga akan menjawab pertanyaan seperti mengapa teknologi pangan begitu penting atau menyebutkan teknik yang terdapat pada teknologi pangan. Untuk jawaban pertama tentunya seperti yang sudah Anda ketahui, peran teknologi pangan dalam rantai produksi sangatlah penting.

Dan untuk pertanyaan kedua, sebagai departemen yang termasuk dalam kelompok ilmiah dan lebih khusus lagi kesehatan. Tentunya Anda akan mempelajari beberapa teknik pengolahan makanan yang baik dan benar, yang dapat menjadikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Jadi, bagi sobat cerdas yang akan memilih ilmu dan teknologi pangan, kini tidak perlu lagi mengkhawatirkan prospek pekerjaan yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *