Kategori
Teknologi

Rekomendasi Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus G GA502

Boatrentalshavasu –┬áROG Zephyrus memang identik dengan laptop gaming mahal dengan bodi tipis, seperti yang terlihat pada ASUS ROG Zephyrus S GX701. Laptop ini memiliki harga yang tinggi dan spesifikasi yang tinggi. Namun yang menarik, laptop ini memiliki bodi yang ramping dan mudah dibawa-bawa. Informasi lengkap mengenai laptop ini bisa Anda dengarkan di artikel “Review ASUS ROG Zephyrus S GX701”. Nah, ROG Zephyrus sebenarnya punya seri lain yang lebih murah. Namanya adalah ASUS ROG Zephyrus G GA502. Dari namanya memang jelas laptop ini masih keluarga Zephyrus, namun yang menarik adalah harganya yang tidak semahal ASUS ROG Zephyrus S GX701. Kalau ASUS ROG Zephyrus S GX701 antara Rp. 48 jutaan keatas, maka ASUS ROG Zephyrus G GA502 dibandrol sekitar Rp. 20 juta. Harga pastinya belum ada, mengingat laptop ini belum tersedia secara resmi di pasaran pada saat artikel ini ditulis. Unit yang saya review kali ini merupakan unit khusus dari Asus Indonesia.

Seperti apa tampilan ASUS ROG Zephyrus G GA502? Simak ulasan lengkapnya berdasarkan pengalaman saya menggunakan laptop ini selama lebih dari 2 minggu. Yuk simak dulu spesifikasinya berikut ini sebelum membaca ulasan lengkapnya di duniamasa. ASUS ROG Zephyrus G GA502 menawarkan desain yang terlihat lebih simpel dibandingkan seri ROG Zephyrus lainnya.

Namun bukan berarti laptop ini memiliki desain yang murahan. Material laptop ini masih menggunakan bahan metal di bagian luarnya. Permukaannya cukup kokoh dan cukup bagus. Hanya saja kesan simpel bisa dilihat dari luar yang terlihat biasa saja. Keberadaan logo khas ROG juga tidak terlalu terlihat. Ini karena logo tidak bisa menyala, meski dengan lampu, yang biasanya menarik perhatian. Namun desainnya tetap tertib, karena meski desainnya biasa-biasa saja sudah pasti tidak murahan.

Salah satu ciri desain bodi Zephyrus adalah bodinya yang tipis, mudah dibawa dan ringan. Saya juga mendapat kesan ASUS ROG Zephyrus G GA502 yang menawarkan bodi ringan dan portabilitas mudah untuk ukuran laptop. Bobot laptop ini sendiri hanya 2.1 kg, dengan ketebalan laptop yang hanya 2.04 cm. Oh ya, adaptor laptop ini juga sangat ringan untuk laptop sekelas game. Jadi bisa dibilang: ASUS ROG Zephyrus G GA502 mengusung konsep laptop yang ringan dengan harga yang lebih murah.

Sesuatu yang sepertinya menjadi ciri khas dari seri Zephyrus. Laptop ini tetap memberikan kesan yang baik saat engsel laptop ini dibuka. Layaknya laptop Zephyrus versi lebih mahal, laptop ini memiliki engsel yang bisa dibuka dengan mudah dengan satu tangan. Penggunaan praktis ini mungkin karena Asus telah mendesain bagian engsel dengan baik. Sayangnya, bagian engsel ini biasanya normal, juga bukan desain sistem aerodinamis. Sistem ventilasi juga sederhana, tidak banyak teknologi kipas. Jika menengok bodinya, sistem ventilasi laptop ini memiliki tiga bagian. Dua di belakang, di bawah engsel, dan satu di kanan.

Di sebelah kanan laptop ini selain memiliki sistem ventilasi atau sirkulasi udara juga terdapat port untuk kunci Kensington. Di bagian tengahnya terdapat dua buah port USB 3.2 Type-A. Di sisi kiri terdapat port koneksi audio, port USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan DisplayPort, port USB 3.2 Type-A, koneksi HDMI, RJ-45 dan juga colokan untuk kabel power. Kehadiran RJ-45 memastikan laptop ini bisa terkoneksi ke internet dengan kabel LAN.

Dilihat dari port yang dimiliki laptop ini, terlihat jelas kesan simpel memang muncul pada desainnya. Selain itu, permukaan laptop ini tidak terbuat dari logam, melainkan dari plastik yang masih memiliki finishing halus. Hal yang sama terjadi dengan keyboard laptop ini. Ada apa dengan laptop ini? Sebagai sebuah laptop, ROG biasanya identik dengan keyboard RGB, fitur yang disukai banyak orang. Sayangnya, fitur RGB ini tidak ada di laptop ini. Artinya keyboard pada laptop ini tidak menyediakan lampu RGB. Sebagai gantinya, keyboard di laptop ini hanya memiliki lampu latar berwarna putih.

Itulah artikel rekomendasi laptop gaming hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *