Kategori
Umum

Sejarah Musik Keroncong Lengkap

Boatrentalshavasu – Musik keroncong masuk ke Indonesia sekitar tahun 1512, ketika ekspedisi Portugis yang dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque mencapai Malaka dan Maluku pada tahun 1512. Tentu saja para pelaut Portugis membawakan lagu-lagu jenis Fado, yaitu, Lagu daerah Portugis dalam nada Arab (skala lebih kecil, karena bangsa Moor. Bangsa Arab menjajah Portugal / Spanyol antara 711 dan 1492. Masih ada lagu jenis fado di Amerika Latin (bekas jajahan Spanyol), seperti yang dinyanyikan oleh Trio Los Panchos atau Los Paraguayos, atau bahkan lagu-lagu di Sumatera Barat (budaya Arab) seperti Ayam Den Lapeh.

Pada tahun 1661, pemerintahan VOC membebaskan para tawanan dan budak Portugis dari Goa (India) di desa Tugu dengan syarat harus pindah agama dari Katolik ke Protestan, sehingga kebiasaan menyanyikan lagu Fado. harus di Gereja Protestan, yang berskala besar.

Apalagi pada tahun 1880 lahirlah musik keroncong, dan sebelumnya musik keroncong ini juga dipengaruhi oleh lagu-lagu hawaii dalam skala besar yang juga berkembang pesat di indonesia dengan musik keroncong (lihat suku ambon Musik atau The Hawaian Seniors yang dipimpin oleh Jenderal Polisi Hugeng)

Pada bentuk awalnya, moresco diiringi oleh musik string, seperti biola, ukulele, dan cello. Terkadang perkusi juga digunakan. Ensambel orkestra ini masih digunakan oleh keroncong Tugu, salah satu bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitas budak Portugis keturunan Ambon yang tinggal di desa Tugu utara Jakarta, yang kemudian berkembang. Selatan. di Kemayoran dan Gambir oleh orang Betawi berbaur dengan musik Tanjidor (tahun 1880-1920). Pada 1920-1960 pusat pembangunan dipindahkan ke Solo dan disesuaikan dengan kecepatan yang lebih lambat sesuai dengan karakteristik Jawa.

Pem- “pribumi” -an keroncong mengubahnya menjadi seni campuran, dengan alat musik sejenis Sitar india, biola, suling bambu, kendang, kenong dan saron sebagai permainan gamelan gong. Buat kamu yang butuh Jual kostum drumband, kunjungi hasnaseragamdrumband.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *